Macam-Macam Hama yang Mengincar Tanaman Cabe Keriting

  • admin

Dari tahun ke tahun, permintaan pasar terhadap cabe keriting terus mengalami peningkatan. Hal ini, tentunya didasari oleh perubahan industri kuliner. Dengan kenaikan kebutuhan ini,

menjadi pendorong yang baik untuk para pengusaha agikultur untuk mengembangkan budidaya cabe keriting. Tapi, sebelum Anda memulai, ada baiknya Anda mengetahui beberapa macam hama yang daat menyerang tanaman cabe keriting.

-Thrips
Hama jenis ini tidak dapat Anda lihat dengan mata telanjang karena bentuknya yang sangat kecil, kurang lebih hanya sekitar 0,5-1,5 mm. Tidak hanya cabe keriting, tetapi tanaman lain juga dapat terserang hama jenis ini. Thrips, yang memiliki nama latin Thrips Parvisipinus, akan menyerang tamanan cabe dengan cara menghisap cairan tanaman pada daun yang masih muda dan pada bunga. Jika sudah terserang, akan terlihat bercak-bercak putih atau keperak-perakan pada permukaan bawah daun, dekat tulang daun, lalu akan menjalar ke seluruh permukaan daun hingga daun menjadi kuning. Setelah itu, daun akan berubah warna menjadi coklat, mengeriting, keriput dan kering. Cabe yang dihasilkan dari tanaman yang sudah terkena hama Thrips akan menjadi kerdil.

-Tungau (Mite)
Tungau yang dapat menyerang tanaman cabe ada dua jenis yaitu Tungau Kuning (polyphagotarsonemus latus) atau Tungau Merah (Tetranycus sp). Seperti Thrips, Tungau menyerang tanaman dengan menghisap cairan daun. Cara mudah untuk mengidentifikasinya adalah jika Anda menemukan daun cabe yang menggulung. Jika Anda membuka gulungan daun tersebut, akan tampak binatang yang lembut seperti tepung yang bergerak lambat. Jika tanaman cabe Anda tererang Tungau, makan pertumbuhan daun muda pasti akan terhambat, yang pada ahkirnya daun akan menjadi coklat dan mati mengering.

-Kutu Daun
Seperti dua jenis hama lainnya, Kutu Daun juga menghisap cairan daun. Tetapi, Kutu Daun akan mengundang pengganggu lainnya, yaitu semut. Karena Kutu Daun menghasilkan ekskresi cairan yang manis. Ketimbang hama lainnya, Kutu Daun lebih mudah untuk diidentifikasikan dengan menlihat banyaknya semut di sekitar tanaman. Saat tanaman cabe terserang hama kutu daun ini, Anda dapat melihat bahwa ujung daun pada tanaman akan menggulung dan ukuran tanaman juga akan menjadi kerdil.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang jenis-jenis hama yang dapat menyerang tanaman dan bagaimana cara mengatasinya, jangan lupa untuk ikuti social media dan website kamu. Atau Anda bisa melengkapi tanaman Anda dengan produk- produk dari @belkaindonesia agar tanaman Anda dapat menghasilkan tumbuhan yang terbaik.